Kamis, 19 Maret 2009

FPSB UII Kembali Dipercaya Diknas

Sebagaimana tersebut dalam UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, ayat (1) menyatakan Pendidikan Khusus (PK) merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pebelajaran karena kelelahan fisik, emosional, mental, sosial, dan atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa; dan ayat (2) menyatakan Pendidikan Layanan Khusus (PLK) merupakan pendidikan bagi peserta didik di daerah terpencil atau terbelakang, masyarakat adat yang terpencil dan/atau mengalami bencana alam, bencana sosial dan tidak mampu dari segi ekonomi, maka sudah menjadi kewajiban bagi pemerintah selain menyukseskan penuntasan wajib belajar Pendidikan Dasar 9 tahun yang disertai dengan peningkatan mutu pendidikan, juga harus memberikan perhatian yang lebih besar kepada Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus, Berkecerdasan Istimewa dan Keberbakatan Istimewa di Indonesia.
Untuk mewujudkan hal tersebut, maka Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2008 akan memberikan subsidi Pendampingan Perguruan Tinggi Bidang Kecacatan sebagai perluasan akses dan peningkatan mutu pendidikan bagi kelangsungan pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus. Setelah mendapatkan kepercayaan dari Diknas RI untuk memberikan pendampingan bagi para relawan bencana alam pada TA. 2006/2007 dan memberikan program pendampingan Psikologis terhadap Siswa/i Cerdas Istimewa dan atau Berbakat Istimewa di wilayah Yogyakarta pada TA. 2007/2008, kini kembali FPSB UII dipercaya untuk memberikan pendampingan bagi Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus dan Sekolah Pendidikan Layanan Khusus. Dalam program ini, FPSB UII telah melakukan koordinasi terhadap beberapa sekolah/sasaran yang akan diberi pendampingan, diantaranya adalah SLB Wiyata Dharma I, Wiyata Dharma II dan MAN SMU Berciri khas Agama Islam untuk Sekolah tingkat Menengah. Sedang untuk Sekolah tingkat Dasar akan diberikan kepada SLB Citra Mulia Mandiri, SLB Wiyata Dharma I dan SLB Wiyata Dharma II. Jenis program yang akan dilaksanakan nantinya mengacu pada kondisi siswa secara umum dan orangtua pada khususnya. Orientasi yang diharapkan dari kegiatan tersebut adalah untuk menambah pengetahuan orangtua tentang kondisi anak yang memiliki kebutuhan khusus dan mengoptimalkan kecerdasan emosional orangtua.
Tahapan implementasi program yang akan dijalankan pada bulan November s.d Desember 2008 ini diantaranya adalah ; 1. Pelatihan Kecerdasan Emosional Bagi Orangtua. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu orangtua yang mempunyai anak berkebutuhan khusus dalam upaya mengembangkan dan mengoptimalkan kecerdasan emosionalnya, sehingga mampu mengatasi tekanan dan permasalahan yang timbul baik yang bersifat internal maupun eksternal dalam pengasuhan anak berkebutuhan khusus. 2. Seminar Psiko-edukasi Bagi Orangtua. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi informasi kepada orangtua mengenai deteksi dini anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus serta cara menghadapi dan menangani anak yang memiliki kebutuhan khusus.
Secara umum hasil yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut adalah berupa peningkatan kualitas pada masing-masing lembaga pendidikan yang dijadikan sasaran kegiatan. FPSB UII sendiri telah menunjuk Uly Gusniarti, S.Psi., M.Si., Psikolog sebagai ketua pelaksana program pendampingan dan Pusat Psikologi Terapan FPSB UII sebagai mitra dalam pelaksanaan program tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar